PIU IDB-Project berikan pembekalan terhadap dosen dan karyawan yang akan berangkat ke luar negeri

Sekitar empat puluhan dosen di lingkungan Universitas Jember Selasa, 8 September 2017 menghadiri rapat pembekalan rencana studi di luar negeri. Kegiatan pembekalan yang dilakukan di Lantai 4 Gedung CDAST ini diinisiasi oleh IDB Project Universitas Jember menghadirkan Sekretaris PMU IDB-Project, Suseno Amien.

Dalam paparannya, Suseno Amien mengatakan bahwa IDB Project di Universitas Jember diarahkan untuk mewujudkan Universitas Jember sebagai Centre of Excellence di bidang Bioteknologi. Untuk itu akan dibangun sejumlah gedung diantaranya 5 gedung integrated laboratories, satu gedung auditorium dan agrotechnopark complex. Selain digunakan untuk membangun gedung, dana loan dari IDB juga akan digunakan untuk kegiatan riset, staff development, dan Curiculum Development.

Sementara itu sejumlah pertanyaan dilontarkan oleh peserta pembekalan. Sebagian besar peserta mempertanyakan kepastian proses administrasi dan pembiayaan. Salah seorang peserta pembekalan mempertanyakan tentang lamanya proses pengurusan paspor biru yang memerlukan waktu hingga tiga bulan,  sedangkan temannya di Jakarta mengurus paspor biru hanya beberapa minggu saja?

Menanggapi persoalan itu, Suseno Amien mengatakan bahwa PMU bisa menyelesaikan proses passpor dalam waktu yang singkat, asalkan dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap. Namun kendalanya, dokumen jaminan finansial dari IDB yang dibutuhkan untuk menerbitkan ijin belajar perlu waktu yang lama untuk memprosesnya. Untuk itu, Suseno Amin menyarankan keberangkatan para calon penerima beasiswa paling aman dari segi finansial dan administrasi adalah bulan November 2017.

Menanggapi permasalahan ini, sekretaris PIU IDB Project Universitas Jember, Nitha Kuswardhani meminta peserta program DT dan NDT untuk selalu berkoordinasi dengan PIU dan PMU IDB. Langkah ini diperlukan untuk mempercepat pengurusan dokumen-dokumen yang dibutuhkan oleh para peserta Degree Training dan Non-Degree Training.

IDB-Project Universitas Jember tahun ini berencana akan memberangkatkan 20 orang dosen untuk studi S-3 di luar negeri. Selain itu ada 27 dosen yang akan mengikuti trainning ke luar negeri, serta 3 orang tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan di dalam negeri. Semua kegiatan ini untuk mendukung tercapainya Universitas Jember sebagai Centre of Excellence (CoE) di bidang bioteknologi.

WhatsApp Image 2017-08-11 at 13.46.01

Puluhan calon peserta Degree Training dan Non-Degree Trainning IDB-Project saat mendengarkan paparan dari PMU

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*