IDB Project adakan Workshop Pemantapan Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi (SNPT Kurikulum Berbasis Penelitian)

Dalam rangka mengembangkan kurikulum Universitas Jember berbasis Riset, IDB-Project Senin pagi (21/8) melakukan workshop Pemantapan Pengambangan Kurikulum Perguruan Tinggi Berbasis Riset. Hadir dalam acara ini Ketua  Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Dr. Akhmad Taufik, Ketua Tim Pengembang Kurikulum IDB-Project Prof. Dafik dan Direktur Eksekutif IDB-Project Honest Dody Molasy. Kegiatan ini diselenggarakan di Lantai 4 Gedung CDAST Universitas Jember.

Dalam kesempatan itu Direktur Eksekutif IDB-Project, Honest Dody Molasy mengatakan bahwa dalam rangka mengembanghkan kurikulum berbasis riset ini, IDB-Project telah memberikan hibah kepada 5 program studi dan jurusan. Harapnnya, tahun depan program ini bisa dikembangkan dengan melibatkan lebih banyak lagi program studi dan jurusan.

Sementara itu Ketua  LP3M Akhmad Taufik memaparkan garis garis besar pengembangan kurikulum di Universitas Jember. Harapnnya, dengan menguatkan kurikulum berbasis riset, bisa mendongkrak kualitas pendidikan di Universitas Jember yang pada akhirnya bisa meningkatkan peringkat Universitas Jember di tingkat nasional maupun global. Saat ini LP3M sedang menyiapkan pedoman rencana pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang diharapkan bisa diimplementasikan pada Bulan Oktober mendatang.

Ketua Tim Pengembangan Kurikulum IDB-Project, Prof Dafik memaparkan secara gamblang proses pengembangan kurikulum berbasis riset. Dalam kurikulum berbasis riset ini juga disisipkan pendidikan karakter, dimana pendidikan karakter ini harus bisa disisipkan dalam program pembelajaran.

Kegiatan ini diikuti oleh LP3M, 5 orang ketua program studi dan jurusan penerima hibah pengembangan kurikulum serta PIU IDB Project.

IMG_20170821_094653-min

Ketua LP3M memaparkan pengembangan kurikulum kepada ketua program studi dan jurusan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*