Jurusan Hubungan Internasional – FISIP Kembangkan Kurikulum Berbasis Riset

Dalam rangka mengembangkan kurikulum Universitas Jember berbasis Riset, Jurusan Ilmu Hubungan Internasional (HI) FISIP Universitas Jember Rabu pagi (24/8/2017) melakukan Workshop Pengenalan dan Persiapan Pengembangan Kurikulum Berbasis Riset. Hadir dalam acara ini Prof. Dr. Suratno, anggota tim pengambangan kurikulum IDB-Project. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Jurusan HI Drs. Bagus Sigit Sunarko, M.Si., Ph.D.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Sidang Lantai 2 Gedung FISIP Universitas Jember ini Ketua Jurusan HI, Bagus Sigit Sunarko, mengatakan bahwa pengembangan kurikulum berbasis riset ini akan memperkuat riset-riset group. Riset Group ini nantinya akan mengimplementasikan hasil riset yang dilakukan dalam pengajaran kepada mahasiswa.

Sementara itu Prof. Dr. Suratno, M.Pd memaparkan garis garis besar pengembangan kurikulum di Universitas Jember. Harapannya nantinya setelah terbentuk riset grup dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan kreatifitas mahasiswa di bidang masing masing untuk menguatkan tercapainya Centre of Excelence (CoE) Universitas Jember di bidang bioteknologi.

Dalam kesempatan itu, salah seorang peserta workshop mempertanyakan tentang cara membuat kurikulum berbasis riset, apakah dengan menambah mata kuliah yang sudah ada, ataukah dengan menghapus mata kuliah yang ada? Menjawab pertanyaan ini, Suratno mengatakan pengembangan kurikulum berbasis riset bisa dilakukan dengan cara mengurangi jumlah sks dalam mata kuliah tanpa menghapus mata kuliah dan bisa menambah mata kuliah yang dihasilkan oleh tim riset grup. Nantinya hasil dari riset grup tersebut dapat diimplementasikan di dalam mata kuliah yang lain.

Jurusan Ilmu Hubungan Internasional tahun ini mendapatkan hibah pengembangan kurikulum dari IDB-Project Universitas Jember. Selain Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, ada empat program studi/jurusan lain yang mendapatkan hibah yang sama tahun ini. Dalam penjelasan sebelumnya, Direktur Eksekutif IDB-Project Universitas Jember, Honest Dody Molasy mengatakan bahwa program pengembangan kurikulum ini akan dikembangkan ke lebih banyak jurusan dan program studi lainnya pada tahun depan. (fer)

IMG_20170824_101154-minTim pengambangan kurikulum IDB-Project menjelaskan garis garis besar pengembangan kurikulum di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional (HI) Universitas Jember

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*